Sabtu, 17 Oktober 2009

Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi

Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi diantara keduanya. Pada umumnya, komunikasi dilakukan dengan menggunakan kata-kata (lisan) yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal.Komunikasi merupakan ilmu yang sangat berarti karena tanpa berkomunikasi sulit menjalankan hidup ini. Tidak mungkin manusia bisa hidup tanpa komunikasi. Dalam ilmu komunikasi, kita dapat belajar betapa harus berhati-hatinya kita dalam berbicara kepada orang lain karena cara pandang seseorang terhadap apa yang kita bicarakan itu berbeda-beda. Dalam ilmu komunikasipun, kita tidak hanya mempelajari bahwa komunikasi itu hanya berbicara dan menulis saja, tetapi jika kita terdiampun sudah menandakan bahwa kita sedang berkomunikasi dengan diri kita sendiri.
Ilmu komunikasi sangat bermanfaat bagi manusia dan hanya orang yang bodoh saja yang beranggapan bahwa komunikasi itu tidak perlu dipelajari.
Biasanya pelajaran pertama yang dipelajari banyak orang untuk menjadi komunikator ulung adalah berbicara. Padahal mendengarkan adalah jalan masuk kebijaksanaan yang utama bagi komunikator ulung yang menjadi landasan untuk memahami diri dan seluruh kehidupan ini.

2 komentar:

  1. heeh dah..
    ikut aj ap kata jeng QQ ..
    hhahha ~

    BalasHapus
  2. wah.. nampak ne rajin mendengarkan dosen waktu d kelas...
    hahaha

    BAGUUUS...

    BalasHapus